Minggu, 13 Maret 2011

Fakta Iritnya Konsumsi Bahan Bakar Motor Vixion

Jarak tempuh perjalan ane 400_an KM
[berangkat sabtu 12 maret 2011, pulang minggu 13 maret 2011]

Rute perjalanan yang ane tempuh :
Berangkat :
Lamongan – Gresik – SBY – Sidoarjo  – Pasuruan – Malang  – Batu.
Perjalanan 4 jam, karena macet di daerah lumpur lapindo, ane nyasar di sekitar kota Surabaya [mencoba rute baru] dan Kota malang [nyari rumah teman].
Jarak tempuh 190_an KM

Pulang :
Batu – Malang  – Pasuruan – Sidoarjo – SBY – Gresik – Lamongan.
Perjalan 4 jam, 2 kali istirahat untuk 2 kali makan, dan macet di daerah lumpur lapindo, yang pulang ane gak nyasar
Jarak tempuh 180_an KM.

Sisanya KM, yang jelas kliling2 dulu di sekitar kota Malang dan Kota Batu untuk jalan – jalan.
 

Ane bisa tulis jaraknya segitu,
Karena sebelum berangkat dan ketika nyampek tujuan,
Tu meteran di speedo ane catat dulu.

Motor Vixion ane menggunakan bahan bakar Pertamax 92 hanya butuh Rp 65.000_an [harga per-liter Rp 8350 di daerah ane *makin mahal ne bbm nonsubsidi]
Karena ane lihat di meteran pengukur BBM waktu sebelum beli, dan waktu pulang nyampek rumah, itu letaknya beda jauh.
[waktu sebelum beli strip ada di merah/mau habis, waktu nyampek rumah strip terletak di 40 %_an dari total meteran itu]

Ane beli BBM di gresik Rp. 30.000, Batu Rp. 20.000 dan yang terakhir pasuruan Rp. 20.000
Total keseluruhan Rp. 70.000, jadi dengan sisa segitu ane perkirakan cuman habis Rp. 65.000

kecepatan kalo lumayan sepi 90 – 110 kpj. Kalo sepi banget ya bisa sampai 120 kpj. Kalo rame mentok 80 kpj, itu aja udah sering banget stop and go [yang ane bold tu, karakter ane kalo nyetir motor].

Ane hitung – hitung 1 liter dapat 51_an KM
Vixion warna Hitam
Pembelian : Nov. 2009
KM saat ini [setelah melakukan perjalanan 400 KM] 14.081, 25 KM

Oli pakai Yamaha Sport
Udah saatnya ganti oli, karena udah 2693, 3 KM
[ane ganti oli setiap 2500 - 3000 KM atau 3 bulan, mana yang lebih dahulu]
Tapi biasanya belum sampek 2800 KM, ane udah ganti oli.
Oli yang udah pernah ane pakai, Castrol power 1, top 1 mobile, Yamaha sport [tidak termasuk oli gratis] rencana untuk ganti oli yang saai ini, ane mau pakai BM 1.
*coba – coba mode on

Service tergantung mod ane.
Tapi selama ini ane udah service lebih dari 3 kali [belum termasuk service gratis]

Kondisi Motor + mesin Standar tidak ada tambahan part apapun
Hanya saja tankinya ane tutup pakai stiker hitam bening,
Karena ada baret – baret dikit bekas helm ane,
[kebiasaan buruk ane kalo naruh helm diatas tanki]
Ban depan maupun belakang belum ganti sejak pembelian.
Spion 2, bawaan pabrik.
Udah ganti busi 1 kali [kalo gak salah].

CO = 0 [CO ane pernah pakai 7, 5, 3. Tapi akhirnya balik lagi ke 0].
*coba – coba mode on

Kondisi Boncengan (Berat badan ane 70_an KG, Berat badan teman yang ane bonceng 50_an KG, berat barang yang dibawa kira-kira 5 KG)

Kondisi jalan di negara kita, tau sendiri lah kayak apa.
Kota Malang dan Kota Batu termasuk dataran tinggi.


Hitungan ane :
( Rp 65.000 / Rp 8350 = 7,8 liter [dibulatkan] )
( 400 KM / 7,8 liter = 51 KM  [dibulatkan] )


NB : Kalo ada kesalahan dalam penulisan, ane mohon maaf yang sebesar – besarnya.

1 komentar: